Jl. Panjang Arteri Klp. Dua Raya No.23, Sukabumi Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11560

Izin PPIU No.02201091008880004 Tahun 2022

Blog & Informasi Paket Umroh Makkah Madinah Tips Dan Trik

Larangan Ihram yang Tidak Boleh Dilakukan
Larangan Ihram yang Tidak Boleh Dilakukan
Larangan Ihram yang Tidak Boleh Dilakukan - wisata mulia insani

Larangan Ihram yang Tidak Boleh Dilakukan Panduan Lengkap Berdasarkan Al-Quran dan Hadis

Dalam melakukan ibadah haji atau umrah, ihram merupakan salah satu rukun yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Ihram bukan hanya sekadar pakaian, melainkan juga kondisi di mana seorang Muslim harus mematuhi sejumlah larangan tertentu. Berikut ini adalah beberapa larangan ihram yang tidak boleh dilanggar beserta dalil-dalilnya dari Al-Quran dan Hadis Nabi.

1. Memotong Kuku dan Rambut

Larangan pertama yang harus dipatuhi saat berihram adalah memotong kuku dan rambut. Hal ini berdasarkan firman Allah dalam Al-Quran:

“Kemudian hendaklah mereka menghilangkan kotoran yang ada pada badan mereka dan hendaklah mereka menyempurnakan nazar-nazar mereka, dan hendaklah mereka melakukan tawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah).” (QS. Al-Hajj: 29)

Dalam hadis juga disebutkan:

“Tidak boleh bagi orang yang sedang ihram untuk mencukur rambut atau memotong kuku.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Menggunakan Wewangian

Menggunakan wewangian, baik di badan, pakaian, atau tempat, juga dilarang saat ihram. Larangan ini diambil dari hadis Nabi Muhammad SAW:

“Janganlah kalian memakai pakaian yang tersentuh oleh minyak wangi, khuluq, atau za’faran.” (HR. Bukhari)

3. Membunuh Binatang

Membunuh binatang darat yang halal dimakan, baik secara sengaja atau tidak, merupakan salah satu larangan ihram. Allah SWT berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu membunuh binatang buruan, ketika kamu sedang berihram.” (QS. Al-Ma’idah: 95)

Nabi Muhammad SAW juga bersabda:

“Barangsiapa yang membunuh hewan buruan saat ihram, maka wajib baginya membayar fidyah.” (HR. Muslim)

4. Menikah atau Menikahkan

Saat dalam keadaan ihram, dilarang untuk menikah atau menikahkan orang lain. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Orang yang sedang berihram tidak boleh menikah, menikahkan, atau meminang.” (HR. Muslim)

5. Melakukan Hubungan Suami Istri

Hubungan suami istri atau berhubungan intim adalah salah satu larangan paling keras dalam ihram. Allah SWT berfirman:

“Maka barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats (berkata kotor, bersetubuh), berbuat fasik, dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.” (QS. Al-Baqarah: 197)

6. Berdebat atau Bertengkar

Berdebat atau bertengkar merupakan perilaku yang dilarang selama ihram. Sebagaimana dalam firman Allah SWT:

“Barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats (berkata kotor, bersetubuh), berbuat fasik, dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.” (QS. Al-Baqarah: 197)

7. Mengenakan Pakaian Berjahit bagi Laki-Laki

Laki-laki yang berihram tidak boleh mengenakan pakaian berjahit atau pakaian yang membentuk tubuh. Ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW:

“Orang yang berihram tidak boleh memakai baju, surban, celana panjang, topi, atau sepatu kecuali jika ia tidak menemukan sandal, maka ia boleh memakai sepatu dengan memotongnya di bawah mata kaki.” (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Menutup Kepala dan Wajah bagi Laki-Laki

Menutup kepala dengan apapun bagi laki-laki saat ihram adalah dilarang. Demikian juga menutup wajah bagi wanita. Dalam hadis disebutkan:

“Janganlah seorang perempuan yang berihram menutup wajahnya dan memakai sarung tangan.” (HR. Bukhari)

9. Memakai Kaos Kaki atau Sarung Tangan

Memakai kaos kaki atau sarung tangan juga termasuk dalam larangan ihram, baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Kesimpulan

Ihram adalah kondisi suci yang harus dihormati dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Mematuhi larangan-larangan ihram adalah bagian dari ketaatan dan pengabdian kepada Allah SWT. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah haji dan umrah dengan sempurna dan mendapatkan ridha serta keberkahan dari-Nya.

Dengan memahami dan mematuhi larangan-larangan ihram ini, kita akan lebih siap dalam menjalankan ibadah haji dan umrah dengan penuh kesungguhan dan ketaatan. Selamat menjalankan ibadah, semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita. Aamiin.

DIM Kreatif: Transformasi Kreativitas Menjadi Kebanggaan Online Anda!

Anda menginginkan keberadaan online yang mencerminkan profesionalisme dan daya tarik visual? DIM Kreatif hadir sebagai solusi andal untuk membantu Anda membangun website murah dengan desain yang profesional.

Mengapa Memilih DIM Kreatif?

1.Harga Terjangkau, Kualitas Profesional:
DIM Kreatif memahami bahwa setiap bisnis memiliki anggaran terbatas. Dengan layanan pembuatan website murah kami, Anda tidak perlu mengorbankan kualitas desain. Kami memberikan nilai tambah dengan harga yang bersaing.

2.Desain yang Menginspirasi:
Tim desain kreatif kami memiliki keahlian untuk menghadirkan desain yang memukau dan memikat. Setiap elemen dikembangkan dengan penuh inovasi untuk memberikan identitas visual yang unik bagi bisnis Anda.

3.Fungsionalitas Tanpa Kompromi:
Menghadirkan website yang tidak hanya cantik tapi juga berfungsi optimal adalah fokus kami. Mulai dari navigasi yang mudah hingga formulir kontak yang efektif, setiap detil dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

4.SEO Ramah dan Mudah Dikelola:
Website Anda akan dioptimalkan untuk mesin pencari (SEO) agar mudah ditemukan di dunia maya. Kami juga menyertakan sistem manajemen konten yang intuitif, memungkinkan Anda mengelola konten tanpa kesulitan.

5.Pelayanan Pelanggan Terbaik:
DIM Kreatif tidak hanya menawarkan jasa, tetapi juga pengalaman. Tim dukungan pelanggan kami yang responsif siap membantu Anda pada setiap tahap, memberikan layanan yang melebihi harapan Anda.

Bagaimana Cara Memulai?

1.Konsultasi Gratis:
Hubungi kami untuk konsultasi gratis. Kami akan mendengarkan ide dan tujuan Anda untuk memahami kebutuhan bisnis Anda.

2.Pemilihan Desain Khusus:
Pilih desain yang mencerminkan kepribadian bisnis Anda. Kami akan menyusun desain khusus yang memenuhi preferensi dan visi unik Anda.

3.Pembangunan yang Profesional:
Tim ahli kami akan membangun website Anda dengan keahlian dan ketelitian. Setiap langkah diambil untuk memastikan performa dan fungsionalitas yang optimal.

4.Uji Coba dan Peluncuran:
Sebelum peluncuran resmi, setiap aspek situs web akan diuji untuk memastikan kinerja tanpa masalah. Setelah semuanya siap, kami akan meluncurkan situs Anda ke dunia maya.

Mengapa Dim Kreatif adalah Pilihan yang Tepat?

DIM Kreatif bukan sekadar penyedia jasa, tetapi mitra kreatif Anda dalam membangun citra online yang kuat. Kami percaya bahwa desain yang baik adalah investasi untuk pertumbuhan bisnis Anda. Jadi, percayakan pada DIM Kreatif untuk membawa kreativitas Anda menjadi kebanggaan online Anda!

Menikmati Nasi Mandi Biryani di Makkah dan Madinah
Larangan Ihram yang Tidak Boleh Dilakukan
Mengintip Keindahan Kota Madinah Bersama PT Wisata Mulia Insani
City Tour Kota Makkah dan Madinah: Menjelajahi Dua Kota Suci
Keindahan Kota Turkiye: Pesona Wisata yang Memikat